Home Berita LLDIKTI Anugerah Entrepreneurship Award III LLDIKTI Wilayah X Tahun 2019

Anugerah Entrepreneurship Award III LLDIKTI Wilayah X Tahun 2019

406
0
SHARE
Anugerah Entrepreneurship Award III LLDIKTI Wilayah X Tahun 2019

Batam - Ketua Pelaksana Entrepreneurship Award III LLDIKTI Wilayah X Ir. Larisang, MT, IPM apresiasi semangat mahasiswa untuk hadir pada acara puncak anugerah EA III 2019, Jumat (25/10).

"Sekitar 750 mahasiswa dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Batam hadir dalam gelaran pemberian award pada pemenang EA III tahun 2019," kata Larisang.

Tidak hanya penyerahan hadiah kepada pemenang, dalam rangkaian acara puncak EA III kali ini, hadir sebagai pembicara Direktur Pembelajaran Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP dan Reza Zamir, salah satu pendiri SyariHub.

Larisang mengucapkan terima kasih kepada semua pimpinan PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepri) untuk semua dukungannya dan motivasi yang luar biasa kepada mahasiswa untuk mengirimkan proposal rencana bisnis dan kuesioner bisnis berjalan pada EA ketiga tahun ini.

"Semoga ajang ini dapat menciptakan generasi mileneal berjiwa entrepreneur. Anak muda yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan tidak lagi memiliki mindset mencari pekerjaan. Tahun depan, kita doakan semoga pelaksaan EA lebih sukses dari yang sekarang," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua APTISI Wilayah X D Dr. Mustaqim Syuaib dalam sambutannya mengatakan agar mahasiswa menjadi agent of change dalam wirausaha dan menjadi contoh serta motivasi bagi mahasiswa lainnya.

Pengarah EA III Prof. Musliar Kasim mengatakan kalau mau maju, ayo kita perbanyak wirausaha Indonesia. Lewat perguruan tinggi mari kita terus mendorong mahasiswa untuk mengembangkan jiwa entrepreneur, ide-ide kreatif, dan inovatif.

"Mudah-mudahan, Entrepreneurship Award ini bisa menjadi inspirasi kita semua dalam mengelola perguruan tinggi untuk melahirkan generasi muda yang berjiwa entrepreneur. Ini sudah menjadi ikon di LLDIKTI seluruh Indonesia. Satu-satunya diselenggarakan oleh LLDIKTI  Wilayah X," kata Prof. Musliar.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri. MBA dalam pidato sambutannya mengapresiasi kerja yang luar biasa dari semua pihak, khususnya Universitas Ibnu Sina. Kita semua berharap, semoga Entrepreneurship Award ini menjadi motivasi bagi mahasiswa dan memperoleh pengalaman dalam berwirausaha.

Lebih lanjut, Prof. Herri mengatakan Entrepreneurship Award ini tentunya tidak sekadar agar mahasiswa menjadi pemenang. Akan tetapi, diharapkan mahasiswa memiliki jiwa wirausaha. Indonesia kaya akan SDA yang harus mampu dikelola dengan baik  oleh sumber daya Indonesia. Indonesia butuh SDM yang yang handal, kreatif, dan inovatif.

"Riset membuktikan, di dunia kerja lulusan yang hanya mengandalkan ijazah kalah bersaing di dunia kerja dibandingkan dengan lulusan yang memiliki kompetensi dan soft skill," terang Prof. Herri.

Turut hadir pada malam puncak anugerah Entrepreneurship Award III, Sekretaris Daerah Sekretaris Daerah Kota Batam, Drs. Jefridin, M.Pd

Jefridin mengatakan salut dan bangga terhadap mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur yang merupakan harapan bangsa dalam rangka menuju Indonesia menjadi negara maju dan mandiri.

Melihat banyaknya pimpinan PTS, APTISI serta mahasiswa yang hadir, apresiasi yang luar biasa juga disampaikan Direktur Pembelajaran Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP.

"Ini sudah menjadi ikon LLDIKTI Wilayah X sebagai satu-satunya LLDIKTI di Indonesia yang menyelenggarakan Entrepreneurship Award. Luar biasa," ucap Direktur.

Sebagai apresiasi dari Ditjen Belmawa Kemenristekdikti, pemenang diundang untuk menghadiri seminar internasional di Semarang pada tanggal 21 November nanti.

"Ya, benar. Ditjen Belmawa mengundang pemenang untuk dapat  menghadiri seminar internasional " Center of Technology" di Semarang. Harapannya, agar calon wirausaha muda dapat menambah pengalaman serta networking yang lebih luas," ucap Paris.

"Bonusnya, bagi 2 orang pemenang EA III yang memiliki skor TOEFL di atas 500 juga dapat kesempatan berkunjung ke Thailand sekitar bulan Februari atau Maret tahun 2020," kata Paris. (Subbag TUBMN).