Home Profil LL DIKTI Wilayah X

Profil LL DIKTI Wilayah X

2,883
SHARE
Profil LL DIKTI Wilayah X

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi disingkat LLDIKTI, sebelumnya bernama Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta atau Kopertis yang merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi mengamanatkan bahwa Pemerintah perlu membentuk Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Hal ini menjadi dasar dari perubahan nama Kopertis Wilayah X menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X.

LLDIKTI Wilayah X mempunyai tugas dan fungsi di bidang fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah kerjanya (Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau) yang dipimpin oleh seorang Kepala dan bertanggung jawab kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 15 Tahun 2018 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, Kopertis Wilayah X bertransformasi menjadi LLDIKTI Wilayah X Tipe A yang terdiri atas Kepala, Sekretaris, Sekretariat, Kelompok Jabatan Fungsional (Dosen), dan Kelompok Tenaga Ahli.

LLDIKTI Wilayah X berfungsi melaksanakan pemetaan mutu pendidikan tinggi, fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi, fasilitasi peningkatan mutu pengelolaan perguruan tinggi, fasilitasi kesiapan perguruan tinggi dalam penjaminan mutu eksternal, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi, pengelolaan data dan informasi di bidang mutu pendidikan tinggi, dan pelaksanaan administrasi LLDIKTI.

Dalam melaksanakan tugasnya, LLDIKTI dibantu oleh kelompok tenaga ahli. Kelompok tenaga ahli diangkat dan diberhentikan oleh Kepala atas persetujuan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Tugasnya, membantu Kepala untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan bidang keahlian masing-masing dalam peningkatan mutu penyelenggaraan perguruan tinggi yang ditentukan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja LLDIKTI.

Pada tanggal 26 Juli 2018, Menristekdikti melantik Prof. Dr. Herri, MBA sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah X dan Yandri. A. SH, MH sebagai Sekretaris LLDIKTI Wilayah X.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA:

LLDIKTI diminta Kemenristekdikti untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi, bersama-sama bekerja sama dan berkontribusi untuk pendidikan tinggi yang berkualitas melalui pelayanan yang berkualitas.

Untuk optimalisasi layanan kepada stakeholders, LLDIKTI Wilayah X mengembangkan beberapa aplikasi, seperti:

  • e-office (Layanan Persuratan)
  • Penilaian Angka Kredit (PAK) online
  • Gugus Layanan Mutu (Gulamu)
    • Pendampingan dan Audit Sistem Penjaminan Mutu (SPMI)
    • Pelatihan, Pendampingan, Pre Asesmen Dokumen Akreditasi Program Studi dan Akreditasi Perguruan Tinggi
  • Sistem Informasi Manajemen Dosen (Simdos)
  • LAPOR (Pengaduan Masyarakat)

 

Sekretaris LLDIKTI Wilayah X Yandri. A, SH, MH

Untuk layanan tatap muka, di LLDIKTI Wilayah X terpusat pada Unit Layanan Terpadu (ULT). Layanan satu pintu ini berfungsi sebagai wadah dalam efisiensi dan efektivitas layanan kepada masyarakat sebagai perwujudan reformasi birokrasi.

Dalam upaya meningkatkan mutu perguruan tinggi, LLDIKTI Wilayah X juga menyelenggarakan program-program seperti:

  1. Workshop Pemantapan Program PDDIKTI Feeder, PIN (Penomoran Ijazah Nasional) dan Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik (SIVIL)
  2. Training Of Trainer (ToT) Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi
  3. Pelatihan Penyusunan BKD LKD
  4. Pelatihan Pembekalan Program Sertifikasi Dosen
  5. Bimtek Penyususnan Dokumen Mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Audit Mutu Internal (AMI)
  6. Workshop Akreditasi Program Studi dan Akreditasi Perguruan Tinggi
  7. Bimtek Akreditasi Unggul Perguruan Tinggi
  8. Manajemen Perguruan Tinggi dan Kepemimpinan
  9. Peningkatan Kerja Sama Perguruan Tinggi
  10. Bimtek Pembuatan Proposal Program Pengembangan Perguruan Tinggi Swasta (PP PTS)
  11. Entrepreneurship Award
  12. Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA)
  13. Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI)
  14. National University Debate Championship (NUDC)
  15. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi
  16. Pemilihan Diktendik Berprestasi

 

LLDIKTI Wilayah X juga memiliki sarana pendukung tridharma perguruan tinggi seperti Laboratorium dan Perpustakaan.

Di Laboratorium LLDIKTI Wilayah X dosen dan mahasiswa bisa melakukan penelitian dan praktikum. Selain itu, laboratorium LLDIKTI Wilayah X juga mempunyai program Praktikum Laboratorium Mobile.

Praktikum Laboratorium Mobile dilaksanakan guna meningkatkan kompetensi mahasiswa PTS khususnya di bidang praktikum dan analisa. Kegiatan ini sebagai bentuk pengembangan pengetahuan mahasiswa tentang berbagai peralatan yang digunakan dan juga untuk melatih mahasiswa dalam pengukuran, analisis, diskusi ilmiah serta kerja laboratorium yang aman dan sehat.

Perpustakaan LLDIKTI Wilayah X memiliki koleksi buku-buku penunjang perkuliahan dari berbagai bidang ilmu. Semua koleksi Perpustakaan telah tersusun berdasarkan nomor sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification).

Untuk memudahkan dalam pelayanan, pengunjung dapat mencari koleksi yang dibutuhkan melalui Katalog Online maupun mencari langsung ke rak koleksi yang tersedia. Pengunjung juga bisa meminta bantuan pustakawan untuk mencarikan buku atau koleksi lainnya yang dibutuhkan.

Selain program dalam peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi, LLDIKTI Wilayah X juga mengevaluasi kinerja perguruan tinggi di wilayah kerjanya dalam bentuk Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) serta Pengawasan, Pengendalian, dan Pembinaan (Wasdalbin).

Hal ini dilakukan untuk melihat kemajuan serta kendala PTS dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, peningkatan mutu serta evaluasi program LLDIKTI Wilayah X.

Berikut nama Pejabat Administrator (Eselon III) dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) LLDIKTI Wilayah X:

A. Pejabat Administrator

1. Ir. Yuniati  (Kepala Bagian Umum)

2. Jamurin, SH, MH (Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi)

3. Ely Susanti, SE, MM (Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan)

4. Febrina Fitri, SE, M.Si (Kepala Bagian Sumber Daya Perguruan Tinggi)

B. Pejabat Pengawas

1. Rumenda, SE, MM (Kepala Subbagian Perencanaan dan Penganggaran)

2. Zamri, S.Sos, MH (Kepala Subbagian Hukum, Kepegawaian dan Tatalaksana)

3. Adelia Pramita Sari, SE, M.S.Ak (Kepala Subbagian Tata Usaha dan Barang Milik Negara)

4. Tetri Aida, S.Kom, MM (Kepala Subbagian Kelembagaan)

5. Sirjon, S.Sos (Kepala Subbagian Sistem Informasi dan Kerja Sama)

6. Taufik, S.Sos (Kepala Subbagian Akademik)

7. Ida Suryanti, SE. MM (Kepala Subbagian Kemahasiswaan)

8. Reri Anton, ST. MM (Kepala Subbagian Pendidik dan Tenaga Kependidikan)

9. Rahmi, SE. M.Si (Kepala Subbagian Sarana dan Prasarana)