STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 419526 kali
Penyatuan dan Penggabungan PTS Dipermudah, Pemerintah Akan Bentuk Pansus
Ditulis oleh : Admin - Bidang : Kelembagaan

10 November 2017 - 13:36:33 WIB

Agar perguruan tinggi swasta (PTS) dapat tetap beroperasi secara efisien, yayasan sebagai badan penyelenggara PTS didorong untuk menggabungkan atau menyatukan PTS mereka.

Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan membentuk panitia khusus (pansus) untuk memberi insentif dan kemudahan prosedur bagi yayasan yang menyatukan atau menggabungkan PTS dimaksud.

Poin-poin tersebut disampaikan Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Patdono Suwignjo saat sosialisasi penggabungan dan penyatuan PTS di salah satu stasiun televisi swasta  di Jakarta, Senin (6/11).

“Penggabungan dan penyatuan ini merupakan  suatu kesempatan supaya PTS  lebih sehat. Biasanya yang dikhawatirkan setelah Kementerian buat suatu kebijakan, rekan-rekan di PTS takut prosesnya dipersulit.”

Patdono yang didampingi Ketua Umum Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (AB PTSI) Thomas Suyatno mengatakan lebih lanjut bahwa kekhawatiran tersebut akan diatasi oleh Kemenristekdikti dengan membentuk pansus.

“Supaya penanganannya lebih baik, dan PTS tidak kecewa, saya buatkan panitia khusus untuk penyatuan dan penggabungan tersebut. Jangan sampai PTS dipersulit, karena mereka sudah membantu program pemerintah,” ungkap Patdono.

Nanti pansus yang akan memproses usulan penyatuan dan penggabungan PTS, sehingga prosesnya akan lebih cepat dibanding proses pendirian PTS.

Saat ini ada 3,128 PTS di seluruh Indonesia yang berada dibawah pembinaan Kemenristekdikti. 14 persen di antaranya dikategorikan kurang sehat atau kesulitan operasional.

Hingga tahun 2019, Pemerintah sudah menargetkan 1,000 PTS yang kurang sehat sudah dapat bergabung dengan PTS sehat sehingga mereka dapat tetap beroperasi secara efisien.

Patdono menjelaskan kondisi PTS yang tidak sehat itu, karena tidak bisa menjalankan operasionalnya, atau PTS nya beroperasional tapi tidak sesuai standard pendidikan tinggi nasional.

Sumber: http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/index.php/2017/11/06/proses-penyatuan-atau-penggabungan-pts-dipermudah-pemerintah-akan-bentuk-pansus/

AGENDA KOPERTIS TERBARU
JAJAK PENDAPAT
Berapa Tingkat Kepuasan Anda Terhadap Pelayanan Kopertis Wilayah X
Puas Sekali
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

HASIL POLLING