Video Terbaru
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H
Profil LL DIKTI Wilayah X
PENGUMUMAN TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 2243898 kali
Raker LLDIKTI Wilayah X, Siap Hadapi Perubahan
Ditulis oleh : admin-ict- - Bidang : Tata Usaha dan BMN

03 Juli 2019 - 13:41:18 WIB

Raker LLDIKTI Wilayah X, Siap Hadapi Perubahan

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X melaksanakan Rapat kerja (RAKER) yang berlangsung di Hotel Pangeran Pekanbaru dari Senin, (24/6/2019) hingga Selasa, (25/6/2019) malam. Raker tersebut dihadiri 400 peserta dari 253 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan yayasan di wilayah X yang meliputi Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau."Ini merupakan program kerja rutin setiap tahunnya," terang ketua pelaksana Raker Yandri A, SH, MH dalam laporan pelaksanaannya.

Tahun ini, tambah Yandri diangkat tema tentang Meningatkan Kualitas Pendidikan Tinggi dan Daya Saing Bangsa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Sekretaris LLDIKTI Wilayah X itu juga mengharapkan Raker menghasilkan poin - poin terbaik untuk meningkatkan mutu Perguruan tinggi nantinya. "Melahirkan inovasi sehingga memiliki sumber daya manusia  yang akan menjadi kunci yang memenangkan persaingan," tegasnya.

Raker tersebut dibuka secara resmi oleh Menristekdikti yang diwakili Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP selaku Direktur Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti  Senin, (24/6/2019) malam ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam kesempatan itu, Paristiyanti menyampaikan tantangan dan program Ristekdikti kedepannya. Disebutkannya, presiden meminta agar pertumbuhan mahasiswa meningkat dalam lima tahun kedepan menjadi 16 persen. Ia juga menyampaikan tentang program magang dan dana hibah. "Hingga bulan Maret, rajin-rajin saja membuka website ristekdikti.go.id, SDID, Belmawa dan Inovasi," sebutnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah X, Prof. Dr. Herri, MBApada saat pembukaan rapat kerja menyampaikan kondisi terkini perguruan tinggi swasta. Secara umum, target kerja seperti penggabungan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas telah berjalan. "Saat ini terdapat 253 PTS dan 977 prodi," jelasnya.

Untuk perguruan tinggi telah lahir beberapa Politeknik sepanjang tahun 2018 dan 2019. Program Studi (Prodi) baru terjadi pertumbuhan sesuai kebutuhan dunia kerja saat ini. Sedangkan program Doktor (S3) juga telah ada, pada dua perguruan tinggi Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Sumatera Barat dan Universitas Batam (UNIBA).

Pada akreditasi juga telah terjadi peningkatan. Akreditasi B meningkat, dari tahun 2017 menjadi 52. Akreditasi A telah ada 24 Prodi. LLDIKTI Wilayah X, sebutnya juga telah menggelar Bimtek agar Perguruan Tinggi berpotensi menjadi A.

Sedangkan untuk sertifikasi dosen, jumlahnya terus meningkat dua tahun terakhir terjadi 800 sertifikasi dosen dengan capaian 40% dengan total penerima sertifikasi sebanyak 3.829 orang. Sedangkan pertambahan dosen meningkat 80% dalam tiga tahun terakhir.  "Mari kita semua meningkatkan jabatan dosen, dari asisten ahli menjadi lektor. Ini berpengaruh terhadap akreditasi," saran Prof. Herri.

Hadir juga dalam Raker tersebut, pimpinan perguruan tinggi negeri. Prof. Herri juga memberikan penghormatan dengan memperkenalkan satu persatu, termasuk kepala asosiasi perguruan tinggi swasta (Aptisi) masing - masing Wilayah X, A, B, C dan D.

Pelaksanaan rapat kerja ini, juga ditampilkan sebagai narasumber adalah Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Dr. Jumain Appe dengan materi Hilirisasi Hasil Riset, Direktur Karir dan kompetensi SDM Ditjen SDID Risbang Kemenristekdikti Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd, MA dengan memaparkan materi Pengembangan Dosen menghadapi Revolusi Industri 4.0, Dewan Eksekutif BAN-PT Sugiyono, S.Si, P.hD dengan materi Akreditasi Berbasis Outcome, Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Fathur Wahid, ST, M.Sc, P.hD dengan materi Best Practice tentang kiat-kiat Mewujudkan PT Unggul dan Kasubdit Riset Dasar Ditjen Risbang Kemenristekdikti Kurnia Aliyanti tentang Pengembangan Riset Perguruan Tinggi.

JAJAK PENDAPAT
Berapa Tingkat Kepuasan Anda Terhadap Pelayanan LLDIKTI X
Puas Sekali
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

HASIL POLLING