Video Terbaru
Teleconference Kepala LL DIKTI Wilayah X
Profil LL DIKTI Wilayah X
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1278377 kali
Raker Kopertis X
Ditulis oleh : Admin - Bidang : Kelembagaan

10 Mei 2018 - 17:52:52 WIB

Batam – Kopertis Wilayah X gelar rapat kerja tahunan bersama Badan Penyelenggara serta pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau) dengan tema ”Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi dan Daya Saing Bangsa Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0”.

Tema ini sejalan dengan visi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis Kemenristekdikti tahun 2015 - 2019 yaitu terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan IPTEK dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa.

Rapat Kerja yang menjadi agenda tahunan Kopertis X ditujukan untuk mendiskusikan berbagai isu strategis terbaru di dunia pendidikan, menyusun program-program unggulan serta mengantisipasi tugas dan fungsi Kopertis Wilayah X yang segera bertransformasi menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) dalam upaya meningkatkan akses, relevansi, dan mutu pendidikan tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan meningkatkan kemampuan IPTEK dan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.

Asisten Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bidang Syamsul Bahrum yang mewakili Gubernur Kepulauan Riau membuka secara resmi Rapat Kerja Kopertis Wilayah X.

"Semoga pertemuan ini bermanfaat dalam meningkatkan inovasi, riset dalam dunia pendidikan tinggi. Revolisi Industri 4.0 menuntut peran pendidikan tinggi dalam menyiapkan generasi sekarang untuk masa depan," ucap Syamsul.

Dalam laporannya, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X Yandri. A, SH, MH mengatakan sesuai dengan tema yang diusung, diharapkan kolaborasi Kopertis X dan badan penyelenggara serta pimpinan perguruan tinggi perlu ditingkatkan.

“Dalam rapat kerja ini dibahas beberapa isu penting terkait dengan strategi peningkatan mutu pendidikan tinggi di era Revolusi Industri 4.0,” ucap Yandri (07/05/2018).

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof. Dr. Herri, MBA mengatakan dalam rapat kerja ini Kopertis X ingin merumuskan apa yang menjadi prioritas yang akan dilakukan pada tahun 2018 berdasarkan kondisi kita saat ini.

Sebagai gambaran, dari segi akreditasi ada peningkatan akreditasi program studi yang sekarang sudah ada 14 berpredikat A. Selain itu, dari segi dosen dengan kualifikasi guru besar juga sudah ada peningkatan.

Sekarang kata Koordinator kita dihadapkan pada revolusi industri 4.0. yang mempengaruhi proses belajar di pendidikan tinggi. Perubahan ini juga perlu dibarengi dengan perubahan proses pendidikan di perguruan tinggi. Kompetensi lulusan tidak lagi sebatas baca, tulis, dan berhitung. Akan tetapi, mahasiswa perlu dibekali dengan kemampuan penguasaan teknologi, keterampilan mengumpulkan dan menggunakan data.

Metode belajar di perguruan tinggi juga mengalami perubahan. Tidak lagi tatap muka secara konvensional, namun sudah bisa memanfaatkan teknologi dan melaksanakan perkuliahan secara daring (metode blended learning).

“Untuk itu, diharapkan melalui rapat kerja ini terjalin kebersamaan dan peran serta dari badan penyelenggara, Perguruan Tinggi Swasta, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) guna mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu, menghasilkan lulusan yang berinovasi, dan berdaya saing,” ujar Herri. (HR)

JAJAK PENDAPAT
Berapa Tingkat Kepuasan Anda Terhadap Pelayanan Kopertis Wilayah X
Puas Sekali
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

HASIL POLLING