Video Terbaru
Teleconference Kepala LL DIKTI Wilayah X
Profil LL DIKTI Wilayah X
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1341855 kali
Pusat Karir Permudah Transisi Mahasiswa ke Dunia Kerja
Ditulis oleh : Admin - Bidang : Kemahasiswaan

05 Juni 2018 - 14:14:45 WIB

Padang - Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti selenggarakan Bimtek bagi perguruan tinggi penerima bantuan pengembangan layanan pusat karir dan pusat karir lanjutan di Aula Kopertis X, Selasa (5/6/2018)

Peserta Bimtek merupakan 51 perguruan tinggi penerima bantuan pengembangan layanan pusat karir dan pusat karir lanjutan (PKPKL) yang berasal dari Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, dan Sumatera Barat.

Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X Yandri. A, SH, MH mengatakan bantuan yang diberikan Pemerintah dimaksudkan agar perguruan tinggi membentuk wadah pengembangan pusat karir dan melakukan pembinaan karir bagi mahasiswa dan alumni. Perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan beragam informasi terkait dunia kerja.

Sebagai gambaran, pusat karir di tingkat perguruan tinggi merupakan wadah pembinaan karir bagi mahasiswa. Sejak dini, mahasiswa diperkenalkan dan dibekali pengetahuan yang cukup serta kompetensi yang diperlukan untuk memuluskan masa transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Direktorat Keahasiswaan Misbah Fikrianto menjelaskan perguruan tinggi harus menjembatani kebutuhan informasi tentang dunia kerja dan tantangannya.

“Minimal, perguruan tinggi menyediakan informasi lowongan kerja, memfasilitasi proses rekruitmen tenaga kerja, dan menyeleggarakan pelatihan atau seminar untuk employability bagi mahasiswa tingkat akhir dan alumni,” ujarnya.

Bentuk kegiatan yang bisa dilaksanakan adalah seminar/pelatihan karir dalam pengembangan softskills, keahlian teknis, surat lamaran dan CV (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) serta teknik wawancara.

Selain itu, kata Misbah perguruan tinggi dapat melaksanakan program magang/internship, bursa kerja online, pameran kesempatan kerja, konseling karir, rekrutmen kampus, dan tracer study. (HR)

AGENDA KOPERTIS TERBARU
JAJAK PENDAPAT
Berapa Tingkat Kepuasan Anda Terhadap Pelayanan Kopertis Wilayah X
Puas Sekali
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

HASIL POLLING