Video Terbaru
Teleconference Kepala LL DIKTI Wilayah X
Profil LL DIKTI Wilayah X
PENGUMUMAN TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1438472 kali
Sosialisasi Program Bidikmisi Tahun 2018
Ditulis oleh : Admin - Bidang : Kemahasiswaan

11 Juli 2018 - 11:01:01 WIB

Padang - Kopertis Wilayah X bekerja sama dengan Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Kemenristekditi sosialisasikan Program Bidikmisi tahun 2018 di aula Kopertis Wilayah X, Selasa (10/7/2018).

Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X dalam sambutannya mengatakan tahun ini Kopertis wilayah X mendapatkan 625 kuota beasiswa bidikmisi untuk 150 PTS. Jumlah ini berkurang dari kuota tahun lalu yang diterima Kopertis Wilayah X disebabkan keterbatasan anggaran dari Pemerintah.

"Kita semua berharap agar penerima bidikmisi tahun 2018 di lingkungan Kopertis Wilayah X tetap menjadi mahasiswa yang berprestasi," ucap Sekretaris Pelaksana.

Kepala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan Ely Susanti mengatakan tahun ini Kopertis Wilayah X memperoleh kuota bidikmisi sebanyak 625.

"Jumlah ini memang berkurang dari penerimaan kuota tahun 2017. Sekarang, Kopertis Wilayah X mendapatkan 625 kuota untuk 150 PTS. Sebelumnya kita memperoleh 1135 kuota bidikmisi" jelasnya.

Sebaran penerima bidikmisi tahun ini kata Ely ada sedikit perubahan. Dari 150 PTS penerima, 27 di antaranya adalah PTS dengan program studi yang terakreditasi C. PTS tersebut merupakan perguruan tinggi yang berada di daerah 3T.

Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Ismet Yusputra menyampaikan program Bidikmisi merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik yang baik.

Menurutnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan adalah keterlambatan pengajuan mengakibatkan terlambatnya pencairan, rekening pasif, tidak aktif, nama rekening berbeda dengan nama perguruan tinggi dan direkomendasikan menggunakan bank nasional.

Sebagai gambaran, sampai dengan tahun 2017 ini tercatat lebih dari 432.409 mahasiswa yang telah memperoleh bantuan biaya pendidikan bidikmisi, dari jumlah tersebut sebanyak 145.000 telah menyelesaikan pendidikannya.

Dari segi prestasi, para mahasiswa Bidikmisi juga menunjukkan kemampuan akademik yang luar biasa dengan capaian IPK lebih dari 87% mahasiswa Bidikmisi memperoleh IPK di atas 3,0.

Sementara itu, hasil tracer study menunjukkan gambaran profil lulusan Bidikmisi, yaitu Guru yang masih dalam proses mengikuti PPG 39%, Pegawai Negeri/Swasta/BUMN 26%, Wirausaha 29% dan studi lanjut ke jenjang pascasarjana di dalam dan di luar negeri 6%. (HR)


Paparan narasumber bisa diunduh pada tautan berikut:

Sosialisasi Pengelolaan Bidikmisi Tahun 2018 Kopertis Wilayah X

Sosialisasi Bidikmisi Kopertis X 2018


JAJAK PENDAPAT
Berapa Tingkat Kepuasan Anda Terhadap Pelayanan LLDIKTI X
Puas Sekali
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

HASIL POLLING