Video Terbaru
Teleconference Kepala LL DIKTI Wilayah X
Profil LL DIKTI Wilayah X
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1348161 kali
Pelatihan Auditor Mutu Internal Bagi PTS di Riau dan Kepulauan Riau
Ditulis oleh : Admin - Bidang : Kelembagaan

18 Juli 2018 - 15:22:22 WIB

Pekanbaru - Sebagai tindak lanjut dari Bimtek SPMI bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sudah dilaksanakan, Kopertis Wilayah X selenggarakan pelatihan auditor mutu internal, Senin, (16/7/2018).

Auditor mutu internal perguruan tinggi sangat diperlukan untuk dapat mengevaluasi pelaksanaan pendidikan di perguruan tinggi sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Konsepnya, audit mutu internal dapat didefinisikan sebagai pemeriksaan pengujian sistematik dan mandiri untuk menetapkan apakah kegiatan mutu dan hasilnya sesuai dengan standar atau prosedur serta peraturan internal perguruan tinggi yang sudah ditetapkan untuk mencapai tujuan institusi.

Audit dirancang untuk menentukan kesesuaian atau ketidaksesuaian unsur-unsur sistem mutu dengan syarat-syarat yang sudah ditetapkan sebelumnya. Audit mutu bukanlah asesmen atau penilaian melainkan pencocokan kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan suatu standar mutu/program/kegiatan.

Koordinator Kopertis Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA mengatakan SPMI memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi. Penjaminan mutu itu dilakukan secara sistemik, berencana dan berkelanjutan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi. Selain itu, perguruan tinggi juga harus memiliki auditor mutu internal yang profesional.

Berdasarkan hal tersebut menurut Koordinator dipandang perlu untuk mengadakan pelaksanaan pelatihan auditor mutu internal SPMI bagi PTS di lingkungan Kopertis Wilayah X. Karena, dengan perencanaan audit yang baik akan menentukan kualitas efektivitas pelaksanaan audit pada setiap program studi.

“Peningkatan mutu itu dilaksanakan secara berkelanjutan. Komitmen badan penyelenggara maupun pelaksana perguruan tinggi merupakan eleman penting. Seluruh elemen harus turut berpartisipasi dalam meningkatkan daya saing bangsa. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, “ tutup Herri. (Reni)

AGENDA KOPERTIS TERBARU
JAJAK PENDAPAT
Berapa Tingkat Kepuasan Anda Terhadap Pelayanan Kopertis Wilayah X
Puas Sekali
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

HASIL POLLING