Video Terbaru
Teleconference Kepala LL DIKTI Wilayah X
Profil LL DIKTI Wilayah X
PENGUMUMAN TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1507699 kali
Prioritaskan Riset Pada Kebutuhan Nasional
Ditulis oleh : Admin - Bidang : Kemahasiswaan

15 November 2018 - 21:22:24 WIB

Riset tidak hanya sekadar berdasarkan keinginan peneliti saja melainkan mengacu pada skala prioritas yang merujuk pada kebutuhan nasional.

Hal itu disampaikan Desmelita Kasubdit Pengembangan Teknologi Industri Kesehatan Obat dan Pangan Direktorat Pengembangan Teknologi Industri Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Teknologi Industri Kemenristekdikti di LLDIKTI Wilayah X, Kamis (15/11).

Dalam sosilaisi bertajuk Klinik Penyusunan Proposal Insinas dan PPTI yang diikuti dosen di lingkungan LLDIKTI Wilayah X Desmelita mengatakan dalam sistem Inovasi Nasional bertujan untuk mengembangkan inovasi nasional, meningkatkan kemampuan IPTEK serta meningkatkan daya saing.

Dalam hal ini Pemerintah melalui Kemenristekdikti memberikan dukungan lewat pendanaan riset seperti Program Insentif Riset Inovasi Nasional (Insinas) dan Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI).

Lebih lanjut Desmelita menjelaskan Insinas misi utamanya adalah penguatan riset nasional melalui peningkatan sinergi, produktivitas, dan pendayagunaan sumber daya litbang nasional.

Sedangkan PPTI fokus dalam peningkatan relevansi dan produktifitas litbang dalam memenuhi kebutuhan industri.

“Sekarang ini, ada prioritas riset nasional. Tidak hanya berdasarkan keinginan peneliti saja tetapi mengacu pada prioritas riset yang berlandaskan pada kebutuhan nasional,”ujarnya.

Misalnya, di bidang ketahanan pangan. Produk lokal seperti jagung, ubi, sayur bisa diolah sedemikian rupa sehingga memiliki nilai tambah. Prosesnya, riset bisa dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan mitra dan melibatkan peneliti dari berbagai disiplin ilmu.

“Harapannya, riset yang dilakukan memiliki daya saing. Hilirisasi riset sangat penting dalam mensejahterakan masyarakat. Untuk itu, rencanakan penelitian dengan baik, jalin terus kerja sama, dan libatkan peneliti dengan latar disiplin ilmu berbeda sebagai pendukung dan penguat sebuah riset. Kita memiliki potensi yang besar untuk itu,” ucap Desmelita. (HR)

AGENDA KOPERTIS TERBARU
JAJAK PENDAPAT
Berapa Tingkat Kepuasan Anda Terhadap Pelayanan LLDIKTI X
Puas Sekali
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

HASIL POLLING