Video Terbaru
Teleconference Kepala LL DIKTI Wilayah X
Profil LL DIKTI Wilayah X
PENGUMUMAN TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1508051 kali
BAN PT Sosialisasikan 9 Standar Instrumen Akreditasi
Ditulis oleh : Admin - Bidang : Kelembagaan

19 November 2018 - 15:58:46 WIB

Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sosialisasikan 9 standar instrumen penilaian Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) yang diikuti pimpinan PTS di Provinsi Sumatera Barat dan Jambi, Senin (19/11).

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA mengatakan penilaian akreditasi sebelumnya masih menggunakan 7 standar. Namun, sejak Oktober 2018 untuk APT sudah mulai diberlakukan 9 standar penilaian dan untuk akreditasi program studi penerapannya dimulai Januari 2019.

Sekarang, kata Kepala Lembaga dengan perubahan penilaian APT perguruan tinggi perlu segera menyikapinya dengan baik. Penambahan standar oleh BAN PT bermaksud untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Menurutnya penilaian tidak lagi hanya berdasarkan kuantitas tetapi berdasarkan outcome. Tidak cukup lagi dengan jumlah mahasiswa yang diluluskan atau penelitian dosen yang sudah terindeks scopus. Tetapi, apa yang bisa dilakukan lulusan dan seberapa jauh pengaruh penelitian tersebut bagi masyarakat. Hakikatnya adalah kontribusi bagi masyarakat.

Lebih lanjut Prof. Herri menjelaskan ini adalah sebuah penilian tentang bagaimana pengelolaan perguruan tinggi dan seberapa besar pengaruh positif bagi masyarakat.

“Jangan sampai menjadi apa yang disebut menara gading. Berdiri dengan megah tapi tidak memberikan pengaruh apa-apa terhadap masyarakat. Mari kita tingkatkan mutu pengelolaan pendidikan tinggi kita untuk menjadi PT yang unggul,” ujar Prof. Herri.

Sementara itu, Dewan Eksekutif BAN PT Prof. Akhmad Fauzy, S.Si, M.Si, Ph.D mengatakan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT) yang sekarang menggunakan 9 standar meliputi Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Luaran dan Capaian Tridharma. (HR)

AGENDA KOPERTIS TERBARU
JAJAK PENDAPAT
Berapa Tingkat Kepuasan Anda Terhadap Pelayanan LLDIKTI X
Puas Sekali
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

HASIL POLLING