Home Berita LLDIKTI Kunjungi Sumbar, LLDIKTI Wilayah X Kenalkan Budaya dan Kunjungi Tempat Bersejarah Bersama Delegasi Ming Chi University of Technology Taiwan

Kunjungi Sumbar, LLDIKTI Wilayah X Kenalkan Budaya dan Kunjungi Tempat Bersejarah Bersama Delegasi Ming Chi University of Technology Taiwan

296
0
SHARE
Kunjungi Sumbar, LLDIKTI Wilayah X Kenalkan Budaya dan Kunjungi Tempat Bersejarah Bersama Delegasi Ming Chi University of Technology Taiwan

Delegasi Ming Chi University of Technology, Taiwan berkunjung ke beberapa tempat destinasi wisata Sumatera Barat. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) di Kota Padang Panjang dan Lobang Jepang di Bukittinggi pada hari Minggu, (10/11).

Dalam Kunjungan tersebut, delegasi MCUT didampingi oleh Kabag Kelembagaan dan Sistim Informasi LLDIKTI Wilayah X Jamurin, SH, MH, Kasubbag Sistim Informasi dan Kerjasama LLDIKTI Wilayah X Sirjon, S.Sos serta Wakil Direktur I Politeknik Negeri Padang, Dr. Revalin Herdianto.

Kunjungan Delegasi MCUT ke PDIKM Kota Padang Panjang disambut langsung oleh Sekdako Padang Panjang, Sonny Budaya Putra AP, M.Si dan sejumlah pejabat Pemko Padang Panjang.

“Kami sangat mengapresiasi kedatangan delegasi MCUT, karena ini merupakan kesempatan berharga untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan objek wisata di Padang Panjang,” ucap Sonny.

Rombongan MCUT  terkesima mendengarkan penjelasan tentang struktur dan fungsi rumah gadang serta adat istiadat Minangkabau yang dijelaskan oleh seorang pemandu dan diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh staf kerjasama LLDIKTI Wilayah X.

Menurut Presiden MCUT, Prof Thua Hua Liu terdapat  kesamaan antara kebudayaan Minangkabau dan satu wilayah di China, yaitu tentang penerapan sistim matrilineal dalam sistim kekerabatan dan pembagian harta waris.

Selanjutnya, kunjungan dilanjutkan ke Lobang Jepang, Bukittinggi. Di sini, delegasi MCUT mendengarkan sejarah pembuatan Lobang Jepang oleh tenaga kerja paksa Romusha dari seorang pemandu lokal.

Delegasi MCUT juga menyaksikan penampilan Tari Piring Kreasi yang diciptakan oleh mahasiswa Institut Kesehatan Prima Nusantara, Bukittinggi. Pada kesempatan tersebut, delegasi MCUT melakukan audiensi sekaligus penjajakan kerja sama dengan Rektor Institut Kesehatan Prima Nusantara,  Dr. Hj. Evi Susanti, S.ST, M.Biomed, Pengawas Yayasan Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc dan dosen. (Anita)