Home Berita LLDIKTI LLDIKTI Wilayah X Gelar Bimtek Penyusunan Statuta

LLDIKTI Wilayah X Gelar Bimtek Penyusunan Statuta

553
0
SHARE
LLDIKTI Wilayah X Gelar Bimtek Penyusunan Statuta

Dalam rangka penguatan mutu tata kelola Perguruan Tinggi Swasta, LLDIKTI Wilayah X menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Statuta bagi PTS yang berada di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.

Sebanyak 80 orang hadir sebagai peserta yang berasal dari 27 Perguruan Tinggi Swasta di Hotel Pangeran Pekanbaru dari tanggal 18 sampai dengan 20 November 2019.

Bimtek ini diselenggarakan seiring dengan terbitnya Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 16 tahun 2018 tentang Pedoman Tata Cara Penyusunan Statuta Perguruan Tinggi Swasta yang menjadi panduan bagi badan penyelenggara PTS untuk menyusun Statuta.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr.Herri, MBA dalam sambutannya mengatakan bahwa di lingkungan LLDIKTI Wilayah X terdapat 252 Perguruan Tinggi Swasta. Dalam kurun waktu 2018-2019 banyak sekali Perguruan Tinggi Swasta melakukan perubahan, baik melalui mekanisme perubahan bentuk, perubahan badan penyelenggara, alih kelola, penyatuan, ataupun penggabungan. Perubahan tersebut berimplikasi pada statuta yang digunakan sehingga perlu dilakukan penyesuaian.

Dijelaskan Prof. Herri bahwa statuta merupakan peraturan dasar pengelolaan Perguruan Tinggi Swasta yang digunakan sebagai landasan penyusunan peraturan dan prosedur operasional di perguruan tinggi. Setiap perguruan tinggi wajib memiliki Statuta baik PTN maupun PTS.

“Saat ini sudah ada pedoman dan tata cara penyusunan statuta melalui Permenristekdikti Nomor 16 tahun 2018 tentang Pedoman Tata Cara Penyusunan Statuta Perguruan Tinggi Swasta,” ucap Prof. Herri.

Lebih lanjut, Prof. Herri menjelaskan bahwa setiap perguruan tinggi wajib memiliki statuta yang mengatur terkait organisasi dan tata kelola PTS. Diharapkan pengaturan atas kewenangan masing-masing unsur dalam statuta dapat mengatasi permasalahan yang muncul di perguruan tinggi masing-masing.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Johannes Gunawan, SH.,LL.M, Prof. Dr. Bernadette. M.Waluyo, SH.,MH.,CN dari Kemenristekdikti dan Dr. Frenadin Adegustara dari Universitas Andalas serta Prof. Dr. Yusri Munaf dari Universitas Islam Riau masing-masing sebagai pembimbing teknis. (Syahril).