Home Berita LLDIKTI Pajak Bertutur, Serentak di Indonesia

Pajak Bertutur, Serentak di Indonesia

414
0
SHARE
Pajak Bertutur, Serentak di Indonesia

Pajak merupakan tulang punggung pembiayaan pembangunan untuk mewujudkan tujuan negara dalam melindungi segenap tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Sikap sadar dan taat pajak sebagai bentuk kegotongroyongan warga negara dalam memikul beban pembangunan. Kita perlu mempersiapkan generasi bangsa yang memiliki kesadaran pajak yang lebih baik.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah DJP Sumatera Barat dan Jambi, Lindawaty saat membuka kegiatan Pajak Bertutur yang diikuti 38 perguruan tinggi di Sumatera Barat di hotel Grand Inna Padang, Jumat (22/11).

“Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dalam rangka menggaungkan program inklusi sadar pajak,” ucap Lindawaty.

Lindawaty mengatakan, budaya sadar pajak harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan. Ini dilakukan agar kesadaran pajak menjadi salah satu karakter generasi bangsa yang cinta tanah air dan bela negara melalui kesadaran melaksanakan hak dan kewajiban dalam perpajakan.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA mengatakan salah satu tujuan pendidikan tinggi itu adalah menciptakan mahasiswa yang berkarakter. Pesan-pesan pendidikan seperti ini tentu bisa terus disampaikan kepada mahasiswa lewat pengajaran di kampus.

“Nilai-nilai yang berkaitan dengan kesadaran pajak itu tentu bisa disampaikan tidak hanya melalui pasal-pasal atau aturan-aturan yang kaku. Tetapi, bisa disampaikan pada mata kuliah apapun dengan nilai-nilai pesan kesadaran akan pajak tersebut. Kesadaran akan pajak, mudah-mudahan menjadi gaya hidup anak muda kita. Malu kita kalau tidak membayar pajak,” kata Prof. Herri.

Selain pajak, menurut Prof. Herri perguruan tinggi juga perlu melaksanakan pendidikan anti korupsi agar mahasiswa kita nantinya menjadi lulusan yang jujur dan amanah dalam dunia kerja.

Selanjutnya, terus kembangkan tekad dan fasilitasi mahasiswa kita untuk menjadi wirausahawan yang tentunya taat pajak yang menjadi sumber pendapatan Indonesia. Tujuannya adalah agar pembangunan bisa optimal dan kita mampu secara mandiri dalam pembiayaannya. (Subbag TUBMN)