Home Berita LLDIKTI Tidak Hanya SPMI dan SPME, Gulamu LLDIKTI Wilayah X Kembangkan Layanan APT dan Percepatan Guru Besar

Tidak Hanya SPMI dan SPME, Gulamu LLDIKTI Wilayah X Kembangkan Layanan APT dan Percepatan Guru Besar

656
0
SHARE
Tidak Hanya SPMI dan SPME, Gulamu LLDIKTI Wilayah X Kembangkan Layanan APT dan Percepatan Guru Besar

Mutu merupakan fokus utama LLDIKTI Wilayah X dalam layanannya kepada Perguruan Tinggi Swasta di Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau. Untuk mengoptimalkan layanan sebagai upaya peningkatan mutu, LLDIKTI Wilayah X menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) mengevaluasi Gugus Layanan Mutu (Gulamu), Jumat (13/12).

Sekretaris LLDIKTI Wilayah X, Yandri A. SH, MH mengatakan LLDIKTI Wilayah X berkomitmen untuk menerapkan Sistem Pelayanan Mutu di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Komitmen itu ditunjukkan dengan membuat terobosan kebijakan layanan peningkatan mutu yang disebut Gulamu.

Yandri mengatakan layanan peningkatan mutu merupakan layanan tentang peningkatan mutu secara ringkas, padat, utuh, dan menyeluruh. Ini juga sebagai dasar atau payung PTS dalam menentukan manual mutu, prosedur operasional baku, dan formulir layanan sehingga dapat meningkatkan SPMI dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang dikenal dengan sebutan akreditasi.

“Jenis layanan yang ada pada Gulamu saat ini adalah layanan pendampingan pengembangan dokumen SPMI, pendampingan monev dan audit SPMI, dan layanan pendampingan akreditasi,” sebut Yandri.

Lebih lanjut, Yandri menjelaskan FGD yang diselenggarakan bersama tim fasilitator ini dalam upaya evaluasi serta mengembangkan layanan berbasis daring. Tahun 2020, LLDIKTI Wilayah X mewacanakan adanya layanan pendampingan percepatan guru besar. Saat ini, ada 609 dosen yang sudah berkualifikasi S3. Ini merupakan sebuah potensi besar terkait peningkatan akreditasi. Selain itu, LLDIKTI juga mengupayakan layanan pendampingan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT).

Hadir sebagai fasilitator Gulamu, yaitu Prof. Dr. B. Isyandi, SE, MS, Prof. Rusdinal, Prof. Dr. Agus Sutanto, Dr. Nilda Tri Putri, Dr. Ansofino, Dr. Yulia Hendri Yeni, dan Dr. Rina Sharullah. (Subbag TUBMN)